FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bagaimana untuk mengundang OBI melakukan Bakti Sosial (Kegiatan CSR/Non-CSR)?

Pertama-tama yang harus Anda ketahui, yang dimaksud Kegiatan Bakti Sosial OBI adalah pelayanan kesehatan umum dan gigi, atau penyuluhan kesehatan. Untuk mengundang tim OBI mudah sekali, langkah-langkah yang ditempuh adalah sebagai berikut :

  • Anda menghubungi kami di nomor telepon 021-89905940 dan terhubung langsung dengan staf OBI.
  • Staf OBI akan menjelaskan tentang teknis pelaksanaan Bakti Sosial dan sistem kerja samanya, kemudian permintaan harus dibuat secara tertulis oleh panitia pelaksana, dan dikirimkan kepada kami melalui fax di nomor 021-89905942 atau email ke [email protected]
  • Bila sistem kerja sama Bakti Sosial telah disepakati bersama, maka staf OBI akan mengatur jadwal kegiatan pelaksanaan Bakti Sosial tersebut.
  • Kami akan mengirimkan tim survei ke lokasi kegiatan. Dalam survei tersebut akan ditentukan apakah lokasi tersebut layak untuk diadakan Bakti Sosial atau tidak. Dalam survey tersebut juga akan diinformasikan secara detail mengenai pelaksanaan Bakti Sosial dan pengaturan lokasi pelayanan umum dan gigi.
  • Tim OBI berhak untuk memindahkan lokasi Bakti Sosial bilamana lokasi tersebut tidak layak untuk diadakan Bakti Sosial, meskipun jadwal Anda sudah disetujui.
  • Pada tanggal dan lokasi yang disepakati sebelumnya, Tim OBI akan datang dan melakukan pelayanan.

2. Bagaimana kriteria lokasi yang layak diadakan kegiatan Bakti Sosial?

Kriteria lokasi yang layak untuk diadakan kegiatan Bakti Sosial adalah sebagai berikut :

  • Lokasi Bakti Sosial berada di lingkungan masyarakat prasejahtera.
  • Lokasi dapat mamadai untuk lokasi pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kesehatan gigi, dan tempat pengambilan obat (apotek).
  • Untuk lokasi pemeriksaan kesehatan gigi, lokasi harus higienis dan posisinya tidak berada di tempat yang terlalu terbuka (lokasi harus sedikit tertutup).
  • Untuk lokasi pengambilan obat (apotek), lokasinya jangan yang terlalu panas. Lokasi juga jangan yang mendapatkan sinar matahari langsung.

3. Bagaimana bila Bakti Sosial tersebut dilakukan di luar daerah Jabodetabek?

Kami akan melakukan pelayanan bila :

  • Kedua pihak menyetujui sistem kerja sama yang berlaku.
  • Jadwal Bakti Sosial cocok dengan jadwal kami.
  • Daerah tersebut memang layak untuk dilakukan pelayanan (tim survey yang akan menentukan).
  • Bakti Sosial harus dilakukan untuk lebih dari satu lokasi pelayanan. Biasanya kami akan melakukan safari dari lokasi pertama ke lokasi lainnya. Misalnya, jika Anda mengundang kami ke Jawa Tengah, maka kami akan melakukan pelayanan Bakti Sosial di minimum 3 lokasi selama 3 hari secara berturut-turut dan kami akan tinggal selama 5 hari. Di hari terakhir kami akan melakukan persiapan untuk barang-barang yang akan dibawa pulang.

4. Sampai berapa orangkah tim OBI sanggup memberikan pelayanan kesehatan dalam 1 hari pelayanan?

Kapasitas maksimal kami adalah untuk melayani 1.000 orang / hari.

5. Berapa banyak personil yang terlibat dalam sebuah pelayanan kesehatan?

Hal ini sangat tergantung dari jumlah pasien yang akan dilayani. Sebagai estimasi, bila akan melayani 1000 pasien, maka tim OBI terdiri dari :

- Dokter Umum : 10-14 orang
- Dokter Gigi : 4-5 orang
- Farmasi : 8-9 orang
- Perawat Gigi : 1 orang
- Teknisi Gigi : 2 orang
- Koord Lapangan : 1 orang

6. Bagaimana caranya mendaftar sebagai pasien operasi elektif (operasi untuk penyakit tertentu) dan mendapat bantuan operasi?

  • Pasien/keluarga pasien membuat dan mengirimkan surat permohonan operasi kepada OBI melalui pos ke alamat kantor OBI/email ke [email protected]
  • Tim Medis OBI akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap pasien, apakah pasien dapat ditangani lebih lanjut oleh OBI. Bila OBI dapat menangani, maka Tim OBI akan melanjutkan proses operasi bagi pasien.

7. Siapakah yang menjadi donatur (atau mitra) OBI?

Mitra OBI adalah orang-orang yang peduli atas penderitaan masyarakat prasejahtera di Indonesia dan ikut mengulurkan tangan untuk menolong mereka melalui pelayanan OBI. Karena kepedulian mereka, kami mampu melakukan pelayanan sosial-kemanusiaan ini dan menolong banyak orang di bangsa ini. Oleh karena itu, kami juga mengundang Bapak/Ibu untuk ikut memberi hati dan mengulurkan tangan untuk menolong masyarakat prasejahtera di Indonesia, bersama OBI. Mari menjadi orang yang senang menolong orang lain, mari menjadi Mitra OBI!

WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html