Lebih Dari 1000 Kursi Roda Gratis Bagi Difabel

  • 2016-06-21
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 3908
foto : obi

Tak kurang dari 24 anak di Kecamatan Cilawu, Desa Sukamaju, Garut, Jawa Barat merupakan penyandang disabilitas. Kelainan yang dialami oleh anak-anak ini sebagian besar disebabkan oleh penyakit polio atau dalam istilah lain disebut dengan poliomielitis yang diderita sejak balita. Mereka yang menderita polio adalah anak-anak berusia 13 tahun kebawah dengan kondisi ekonomi yang sangat memprihatinkan.

Obor Berkat Indonesia bersama PET (Personal Energy Transportation) melangkah secara nyata dengan memberikan 15 kursi roda gratis bagi anak-anak penyandang disabilitas pada tanggal 17 Juni 2016 di Cilawu, Garut. Tidak berhenti sampai disitu, pada tahap ke dua OBI akan kembali memberikan bantuan kursi roda bagi para penyandang disabilitas yang belum menerima bantuan.

Anang (43) yang sehari-hari bekerja sebagai cleaning service mengaku sangat terbantu dengan kursi roda gratis yang diberikan untuk anaknya, Muhammad Rizafari (8). Rizafari yang lahir secara prematur diketahui mengalami kelumpuhan sejak usia satu tahun. Ingin berusaha menyembuhkan anaknya, Anang sering membawa Rizafari ke tempat pengobatan alternatif setelah sempat melakukan terapi di rumah sakit dengan biaya yang tidak sedikit baginya.

Lain halnya dengan anak dari ibu Dede (38), Hilman yang saat ini berusia 6 tahun. Hilman diketahui mengalami polio sejak berusia 3 bulan. Selama ini, ia hanya bisa bermain di rumah dengan mainannya dan sesekali digendong ibunya pergi jalan-jalan di lingkungan sekitar. Saat ini, setelah menerima bantuan kursi roda gratis, ibu Dede optimis anaknya akan lebih mudah bergerak secara mandiri.

",Saya sangat berterimakasih dengan bantuan kursi roda gratis ini, biasanya anak saya hanya diam di rumah, tapi dengan kursi roda ini anak saya sekarang bisa mudah bergerak tanpa perlu menggantungkan diri pada orang lain. Terimakasih OBI,"ucap ibu Dede ketika ditemui dalam acara penyerahan kursi roda di Balai kecamatan Cilawu.

Rentang tahun 2010 hingga 2016, OBI telah menyalurkan bantuan lebih dari 3000 kursi roda gratis bagi penyandang disabilitas yang tersebar di beberapa daerah seperti Maluku, Ambon, Manado, Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Yanti Supardi selaku manager partnership Obor Berkat Indonesia berharap, bantuan kursi roda dapat digunakan sebaik-baiknya serta mampu meringankan beban para penyandang disabilitas untuk hidup mandiri seperti orang normal lainnya.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html