Sanitasi Air Untuk Nias

  • 2016-09-16
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 988
foto : OBI

Obor Berkat Indonesia terus mengudara bersama RRI dalam program Nias Sehat di gelombang 96,2 MHz setiap hari Jumat pada pukul 10.00 hingga 11.00 WIB. Kali ini OBI mengupas tentang sanitasi air yang dibawakan oleh dr. Carla Riupassa. Para pendengar juga dapat menanyakan berbagai hal terkait dengan tema tersebut melalui telepon maupun sms.

Nias merupakan daerah yang saat ini masih mengalami permasalahan mengenai pemasokan air terlebih ketika cuaca ekstrim melanda. Pasokan air bergantung pada tersedianya sumber air, sehingga masyarakat perlu melindungi sumber air dan daerah resapan air untuk menjaga ketersediaan air. Upaya yang perlu dilakukan seperti menjaga hutan, menghindari perubahan unsur tanah, mengelola penggunaan air dan drainase air limbah.

 

Masyarakat yang belum memiliki kesadaran penuh akan kebersihan air cenderung mengalami masalah kesehatan. Masalah tersebut dikarenakan oleh bahan buangan seperti tinja manusia atau binatang, sampah makanan, air domestik seperti air seni, bahan buangan mandi dan cucian maupun bahan buangan industri dan pertanian.

 

“OBI berencana untuk membuat sumur resapan di Desa Bawadesolo. Diharapkan ini menjadi langkah awal untuk membantu masyarakat di Desa Bawadesolo dalam mengatasi masalah sanitasi air,” ungkap dr Carla Riupassa.

 

Upaya yang dilakukan Obor Berkat Indonesia di Nias yaitu dengan mengadakan sosialisasi pemanfaatan penggunaan air bersih untuk kehidupan sehari-hari dan cara mengelola pasokan air. Disamping itu, OBI juga memberikan pemahaman tentang perilaku hidup sehat dan kebersihan lingkungan. Tahap-tahap itulah yang menjadi bentuk kepedulian OBI untuk kesehatan masyarakat di Indonesia.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html