Membiasakan Diri Dalam Menjaga Kebersihan & Kesehatan

  • 2017-01-27
  • Author : Alekcander Sigalingging
  • Views : 118
foto : obi

Kebiasaan yang dilakukan berulang kali akan menjadi budaya kemudian membentuk sebuah karakter. Bayangkan jika kebiasaan yang dibangun adalah pembenaran bukan kebenaran, maka akan terbentuk karakter yang tidak kuat. Begitu juga dengan kebiasaan diri dalam menjaga kebersihan dan kesehatan, yang akan berdampak bukan hanya untuk diri sendiri saja tetapi juga untuk orang lain dan lingkungan. Contohnya, kebiasaan membuang sampah sembarangan akan berdampak pada bencana banjir yang ikut merugikan orang lain dan lingkungan.

 

Untuk menumbuhkan kebiasaan diri yang baik, pengetahuan terkait kebersihan dan kesehatan perlu diajarkan sejak anak-anak. Anak-anak perlu dibekali kebiasaan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan agar terbentuklah budaya bersih dan sehat, serta tercipta karakter yang kuat. Bukan hanya orang tua saja yang bertanggung jawab, peran sekolah dan masyarakat sekitar juga berpengaruh terhadap kebiasaan yang dilakukan anak-anak.

 

Karena itulah, di sekolah anak-anak harus diajarkan tentang menjaga kebersihan dan kesehatan. Salah satunya melalui penyuluhan kebersihan dan kesehatan. Hal inilah yang dilakukan oleh Obor Berkat Indonesia yang bekerja sama dengan sekolah-sekolah dalam memberikan penyuluhan kebersihan dan kesehatan. Dalam kegiatan penyuluhan tersebut, OBI mengajarkan tentang 3B yaitu Bersih Diri, Bersih Makanan, dan Bersih Lingkungan. Berbagai praktik kebiasaan untuk menjaga kebersihan, seperti praktik cuci tangan dan menyikat gigi juga dilakukan dalam kegiatan penyuluhan tersebut.

 

“Kalau adik-adik mau sehat harus hidup bersih terlebih dulu. Dan, mulai sekarang kita bersama-sama melakukan 3B, yaitu Bersih Diri, Bersih Makanan, dan Bersih Lingkungan,” kata Kak Yoanita Oktiva, salah satu mentor dari OBI saat memberikan materi penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD Capriasi Yoel, Jakarta Utara.

 

Kegiatan penyuluhantersebut akan membuat anak-anak terbiasa dalam menjaga kebersihan. Jika anak-anak sudah dapat menjaga kebersihan diri, maka kesehatannya pun tidak akan terganggu dan tingkat absensi di sekolah dapat mencapai 98%. Dengan begitu, anak-anak akan berlomba dalam membuat prestasi di sekolah.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html