Operasi Massal Gratis : Kepedulian Bagi Penderita Hernia dan Bibir Sumbing

  • 2017-02-13
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 383
foto : obi

Bertempat di RS Hosana Medika Cikarang pada 11 dan 12 Februari 2017, Obor Berkat Indonesia bersama Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPAPK) kembali menyelenggarakan operasi massal gratis bagi penderita hernia prasejahtera. Pada kesempatan itu, OBI yang bermitra dengan Smile Train juga turut memberikan bantuan operasi bibir sumbing secara gratis.

 

Endang Kusnadi (38) datang bersama dua adiknya yang bernama Yayan (27) dan Asep (26). Mereka merupakan tiga bersaudara asal Cianjur yang telah menderita hernia selama bertahun-tahun. Endang misalnya, ia telah menderita hernia sejak sepuluh tahun yang lalu. Meski tak merasakan sakit, ia mengaku sangat terganggu dengan hernia yang ia derita. Ia terus merasa kesulitan saat melakukan segala aktivitas, khususnya ketika bekerja.

 

Berbeda dengan Endang, Asep mengaku merasakan sakit di bagian hernia yang ia derita. Hernia yang ia derita sedikit lebih parah dari Endang, sebab terdapat benjolan kedua yang semakin membesar dari waktu ke waktu. Tentu hal itu sungguh membebani mereka, terlebih ketiadaan biaya membuat mereka mengurungkan langkah untuk melakukan operasi mandiri.

 

“Tidak ada uang, bagaimana mau operasi? Kami berusaha melakukan kegiatan seperti orang normal lainnya dengan baik meski terbeban dengan hernia. Hanya bisa berdoa,” ungkap Endang.

 

Doa dan harapan untuk sembuh tak pernah sia-sia. Informasi bantuan operasi hernia dari kader OBI di Desa Cianjur seolah menjadi jawaban atas doa-doa mereka. Sejak saat itu ketika informasi pendaftaran dibuka, Endang dan kedua saudaranya segera mendaftar dan memenuhi serangkaian proses berupa kelengkapan dokumen hingga skrining.

 

Setelah dinyatakan lolos dan dapat mengikuti operasi, Endang dan kedua saudaranya kemudian mengikuti pelaksanaan operasi hernia bersama 70 penderita hernia lain yang berasal dari berbagai daerah. Kesembuhan yang ia terima menjadi hal yang sungguh berarti bagi hidup mereka. “Bersyukur sekali, terima kasih sebanyak-banyaknya atas operasi gratis ini,” ungkap Endang.

 

“Masih ada banyak para penderita hernia dan bibir sumbing lain yang perlu kita bantu. OBI berharap dengan adanya bantuan ini, para penderita dapat kembali tersenyum dan menjalani hari-harinya dengan beban yang lebih ringan dari yang sebelumnya,” pungkas dr.Anna Sillalahi dari Obor Berkat Indonesia.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html