Sosialisasi SDIDTK Bagi Pertumbuhan Anak

  • 2017-03-10
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 237
foto : obi

Tahap perkembangan bayi dari usia 1 hingga 5 tahun adalah masa terpenting yang memerlukan perawatan serta perhatian ekstra dari orang tua. Sebab, pada masa tersebut, tubuh balita masih rentan terhadap serangan berbagai penyakit yang berpotensi besar berdampak pada jangka panjang tumbuh kembang anak.

 

Karena itu, PAUD OBI bersama tim medis Puskesmas Kelapa Gading memberikan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan dalam kegiatan bulanan Parents Meeting pada 10 Maret 2017 dengan mengangkat materi SDIDTK (Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang) Anak. Kegiatan ini berlangsung di gedung sekolah PAUD OBI, Tanah Merah, Jakarta Utara dari pukul 08:00 – 10:00 WIB.

 

Sasaran SDIDTK adalah orang tua yang memiliki anak dengan usia 0 – 6 tahun. Mereka dibekali pengetahuan seputar pertumbuhan anak, supaya orang tua mengetahui lebih dini jika anak mengalami gangguan pertumbuhan.

 

Materi stimulasi yang diberikan yaitu dengan merangsang kemampuan dasar anak supaya berkembang secara optimal. Rangsangan tersebut meliputi kemampuan gerak kasar, gerak halus, berbahasa, sosialisasi dan kemandirian. Caranya dengan memberikan rangsangan suara, musik, gerakan, perabaan, bicara, bernyanyi, bermain, memecah masalah, mencoret dan menggambar. Seluruh materi stimulasi diberikan dengan prinsip-prinsip dasar yaitu dengan kasih sayang, sesuai kelompok umur, tidak memaksa anak, menggunakan alat bantu permainan dan diberi pujian atau hadiah atas keberhasilan.

 

Kebutuhan emosi/kasih sayang juga diperlukan bagi balita. Hubungan yang erat dari kedua orang tua merupakan syarat mutlak dalam menjamin tubuh kembang anak. Kehadiran dari peran kedua orang tua bermanfaat untuk menjalin rasa aman, sebaliknya jika anak kekurangan kasih sayang maka tumbuh kembang anak akan terganggu, baik secara fisik maupun mental.

 

Kebutuhan fisik juga merupakan hal yang tak boleh dilupakan dan perlu mendapat banyak perhatian. Hal-hal rutin yang harus diberikan bagi anak adalah kebutuhan makanan bernutrisi, kebersihan tubuh, imunisasi, pemeriksaan kesehatan, pengobatan, olahraga, bermain serta istirahat yang cukup.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html