Pelatian Edukasi Literasi Keuangan Rusunawa Pinus Elok

  • 2017-03-10
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 459
foto : obi

Obor Berkat Indonesia bersama Home Credit bekerjasama menyelenggarakan pelatian Edukasi Literasi Keuangan dan diikuti oleh 45 orang penghuni Rusunawa Pinus Elok, Jakarta pada 10 Maret 2017. Kegiatan tersebut mengangkat tema “Menuju Masyarakat Cerdas Keuangan” dan dibawakan langsung oleh bapak Ali Hufron dari Home Credit.

Tidak dipungkiri bahwa ekonomi adalah salah satu hal terpenting dalam keharmonisan keluarga. Sebisa mungkin ekonomi dalam keluarga dapat diperkuat demi pemenuhan kebutuhan seluruh anggota didalamnya.

 

Jika penghasilan dan pengeluaran keuangan yang tidak terkontrol tentu berpotensi menyebabkan melemahnya perekonomian dan memicu keretakan rumah tangga. Karena itu diperlukan langkah tepat memahami skala prioritas keuangan dalam keluarga, bagaimana memberikan kontrol antara pemasukan dan pengeluaran.

 

Pada pelatihan Edukasi Literasi Keuangan seluruh peserta diberi bekal tentang bagaimana membuat perencanaan keuangan di awal bulan, pemantauan pemasukan dan pengeluaran melalui catatan, serta bagaimana mengutamakan kebutuhan primer sebelum mengeluarkan uang untuk kebutuhan sekunder.

 

“Saya berharap bahwa pelatihan ini dapat membantu setiap peserta dalam mengelola keuangan dengan baik dan efesien supaya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan bukan hanya keinginan,”ungkap Victor Palapessy, koordinator lapangan kegiatan.

 

Dipaparkan juga berbagai penyebab krisis ekonomi yang kemungkinan terjadi, seperti kurangnya rasa tanggung jawab kepala keluarga, keputusasaan, kemalasan dan perasaan bergantung pada orang lain. Sikap-sikap tersebut perlu dihindari supaya setiap peserta memiliki perasaan percaya diri dan kemandirian dalam mempertahankan keuangan keluarga.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html