2017 Untuk 1.000 Pasien Hernia Prasejahtera

  • 2017-03-10
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 828
foto : obi

Sejak tahun 2000, Obor Berkat Indonesia mulai memberikan bantuan operasi hernia kepada para pasien prasejahtera. Digelar di berbagai wilayah di Indonesia, operasi ini benar-benar menolong kesembuhan dan menjawab kebutuhan karena diberikan gratis sepenuhnya bagi para pasien. Di tahun inipun, Obor Berkat Indonesia belum berhenti dan terus bertekad untuk membantu lebih banyak lagi pasien prasejahtera untuk bebas dari hernia. Setidaknya 1.000 pasien hernia harus tertolong dari hernia di tahun 2017 ini.

Namun, sebenarnya mengapa Obor Berkat Indonesia terus menolong para pasien hernia prasejahtera sembuh dari hernia sejak tahun 2000 sampai saat ini? Setidaknya ada enam alasan mengapa Obor Berkat Indonesia terus menolong para pasien hernia prasejahtera.

 

  1. Ternyata, tidak sedikit orang yang menderita hernia

Penyakit hernia yang lebih dikenal dengan istilah turun berok di masyarakat ini adalah penyakit dimana terjadi kesalahan letak usus yang turun sampai ke buah zakar untuk laki-laki dan ke kandung kemih untuk perempuan. Bersama para kader di daerah-daerah, Obor Berkat Indonesia mendapati ternyata tidak sedikit orang yang menderita hernia, apalagi di daerah pinggir kota (suburban) dan pedesaan.

 

  1. Penyakit hernia banyak diderita tak hanya oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Penyakit hernia biasanya lebih banyak dialami oleh laki-laki dibandingkan perempuan, khususnya yang melakukan pekerjaan berat/kasar seperti kuli atau tani. Namun, banyak juga anak-anak yang telah menderita hernia sejak kecil. Penderita hernia banyak berasal dari kelompok masyarakat prasejahtera.

 

  1. Penyakit hernia dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan.

Sakit ini dapat kambuh setiap kali penderita melakukan pekerjaan berat atau beraktivitas berat, yaitu ketika usus turun ke buah zakar atau kantung kemih. Ini tentu menganggu dan mengurangi produktivitas penderita, bahkan bisa menghalangi para penderita dewasa untuk bekerja. Bagi para penderita anak, hernia dapat membatasi masa pertumbuhan dan perkembangan mereka.

 

  1. Penyakit hernia tidak dapat disepelekan. Tidak banyak penderita yang mengetahui, tetapi penyakit hernia nyatanya bisa mengancam nyawa penderita.

Ketika usus yang turun terkunci di dalam buah zakar atau kantung kemih dan tidak dapat kembali ke posisi semula, jaringannya bisa mati karena tidak mendapat aliran darah yang cukup. Hal ini sangat berbahaya bagi penderita. Karena itu, lebih cepat lebih baik untuk penanganan penyakit hernia.

 

  1. Tidak ada jalan lain yang dapat ditempuh untuk menyembuhkan hernia kecuali jalan operasi.

Memang banyak pengobatan alternatif berbagai jenis yang ditawarkan kepada pasien, namun sebenarnya tidak dapat menjamin kesembuhan. Beberapa pengobatan alternatif justru dapat memperparah kondisi pasien, seperti halnya jika hernia diurut. Kesalahan dalam posisi mengurut justru dapat membuat usus semakin salah letak dan semakin gawat untuk pasien. Sayangnya, tak semua pasien yang bisa menjalani operasi. Halangan ekonomi merupakan kendala utama, khususnya bagi pasien prasejahtera. Karena itulah, Obor Berkat Indonesia terus bertekad menolong para pasien prasejahtera.

 

Selama ini sampai tahun 2016, tercatat sudah 4.995 orang pasien prasejahtera telah mendapat bantuan operasi hernia dari Obor Berkat Indonesia dan para Mitra. Operasi yang diberikan sepenuhnya gratis, termasuk biaya rumah sakit dan obat-obatan. Operasi juga ditangani oleh para dokter spesialis relawan OBI berhati tulus yang sudah berpengalaman di bidangnya.

 

Obor Berkat Indonesia berharap hernia tidak menjadi beban bagi para pasien prasejahtera. Obor Berkat Indonesia berjuang agar setiap pasien hernia prasejahtera dapat dioperasi, agar masalah biaya tak menjadi kendala, agar mereka dapat sembuh dari hernia. Andapun dapat ikut berjuang dan berbagi harapan yang sama bersama OBI. Bersama, kita bisa menolong lebih banyak lagi pasien hernia prasejahtera. Bersama, kita bisa menolong 1.000++ pasien hernia di tahun 2017 ini. Bagaimana caranya terlibat?

 

Ikut Menolong Dengan Donasi Personal

Anda dapat ikut menolong para pasien hernia prasejahtera melalui donasi personal Anda. Untuk informasi selengkapnya, Anda dapat menghubungi Obor Berkat Indonesia via SMS di nomor 0818 9000 43 atau via telepon di nomor (021) 8990 5940 dengan Enny / Precy.

 

Ikut Menolong Dengan Kemitraan Korporasi

Perusahaan, yayasan, atau komunitas Anda pun dapat bermitra dengan kami untuk menolong para pasien hernia prasejahtera. Untuk informasi selengkapnya, Anda dapat menghubungi Kantor Obor Berkat Indonesia di nomor telepon (021) 8990 5940 dengan Ibu Linda Sumampouw.

 

Terima kasih atas perhatian dan dukungan Anda bagi para pasien hernia yang membutuhkan. Setiap bulannya di tahun ini, Obor Berkat Indonesia akan terus memberi kabar terbaru mengenai jumlah pasien hernia prasejahtera yang telah mendapat bantuan operasi. Mari selalu senang menolong orang lain bersama OBI.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html