Di Hari Pers Nasional, OBI Adakan Bakti Sosial Gratis

  • 2017-03-14
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 228
foto : obi

Dalam rangka Hari Pers Nasional ke-71, Obor Berkat Indonesia bersama Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPAPK) yang bermitra dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengadakai serangkaian Pengobatan Gratis Umum dan Gigi di Kabupaten Tuban pada 8 Maret 2017 hingga 11 Maret 2017.

 

Kegiatan tersebut diselenggarakan di 3 tempat yang berbeda yakni Kecamatan Plumpang, Kecamatan Rengel, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban dan diikuti oleh setidaknya 1907 orang. Pengobatan dimulai pada pukul 09.00 - 14.00 WIB yang dilayani oleh 3 dokter umum dan 2 dokter gigi dari Obor Berkat Indonesia.

 

Pasien umum mendapatkan pemeriksaan tekanan darah, gula darah dan asam urat. Sedangkan pasien gigi mendapatkan penanganan berupa tambal gigi dengan menggunakan metode injeksi dan topical, sementara pencabutan gigi menggunakan metode penambalan sewarna gigi dengan sinar dan penambalan glass ionomer. Seluruh pasien juga mendapatkan multivitamin serta obat-obatan yang disesuaikan dengan keluhan masing-masing pasien.

 

Tak hanya mendapatkan pemeriksakan dan penanganan kesehatan, seluruh peserta juga dihimbau untuk rutin memeriksakan kesehatan tubuh serta memeriksakan gigi minimal 6 bulan sekali. Disamping itu perilaku hidup bersih dan sehat juga disosialisasikan bagi para peserta untuk memberi bekal pengetahuan akan pentingnya menjaga kebersihan.

 

Pola Hidup Bersih Dan Sehat atau sering disingkat dengan PHBS, merupakan kampanye yang sering dilakukan pemerintah untuk mengajarkan masyarakat Indonesia menjalani pola hidup bersih diri dan lingkungan. Beberapa Indikator penting dalam PHBS yaitu persalinan oleh tenaga medis, memberi bayi ASI eksklusif, menimbang bayi setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk seminggu sekali, makan sayur dan buah setiap hari, tidak merokok, dan rutin berolahraga.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html