Peringati Hari Kartini, OBI & DIMAN Adakan Seminar Kanker Serviks

  • 2017-04-21
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 125
foto : obi

Hari ini, 21 April 2017 Yayasan Obor Berkat Indonesia bersama Yayasan Dian Mandiri merayakan peringatan hari kartini dengan menyelenggarakan seminar kesehatan bertema pencegahan dan deteksi dini kanker serviks. Kegiatan ini berlangsung di Sekar Peni, Depok, Jawa barat dan dihadiri oleh para anggota jasa Dian Mandiri.

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa kanker serviks menempati peringkat kedua teratas sebagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan. Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penderita kanker serviks tertinggi di dunia, setidaknya lebih dari 15.000 kasus terdeteksi sebagai kanker serviks, sedangkan 8000 kasus diantaranya berakhir dengan kematian.

 

Seminar kanker serviks ini diharapkan menjadi langkah awal bagi setiap peserta untuk waspada terhadap virus kanker serviks. Melalui deteksi dini, setidaknya kanker serviks dapat dicegah dan diobati lebih awal sehingga tidak memperparah kondisi kanker serviks pada seseorang.

 

Motivasi yang diberikan oleh dr. Helena Siburian dari Obor Berkat Indonesia ini lebih menekankan supaya peserta tidak takut dan lebih terdorong menjalani test IVA. Tes IVA merupakan tes sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkindan telah tersedia di banyak puskesmas maupun Rumah Sakit.

 

WHO menyebutkan bahwa IVA dapat mendeteksi lesi tingkat pra kanker (high-Grade Precanceraus Lesions) dengan sensitivitas sekitar 66-96% dan spesifitas 64-98%.Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan skrining alternatifdari pap smear yang murah, praktis, serta sangat mudah untuk dilaksanakan dengan peralatan sederhana. Disamping itu juga dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain dokter ginekologi.

 

Ibu Cici (46) merupakan salah satu peserta seminar yang mengaku baru pertama kali mendapatkan seminar kesehatan mengenai kanker serviks, dengan mengikuti kegiatan ini ia merasa sangat terbantu untuk mengenali bahaya kanker serviks dan sedini mungkin mencegah tubuh dari infeksi HPV.

 

“Seminar ini sangat baik. Sangat baik untuk kesehatan. Ada masukan-masukan, pencegahan seperti apa yang harus dilakukan terkait dengan kanker serviks dari pola makan, dari kesehatan tubuh, dan tentang kesehatan vagina. Ini baru pertama kali mendapat seminar kanker serviks. Sangat bermanfaat,” ungkapnya.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html