Seminar PHBS : Wujudkan Keluarga Sehat

  • 2017-05-12
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 324
foto : obi

Hari ini, 12 Mei 2017, Obor Berkat Indonesia bersama Yayasan Dian Mandiri mengadakan Seminar dengan tema PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) di Serang, Banten. Seminar yang dihadiri oleh 210 perempuan ini merupakan bagian dari promosi kesehatan untuk mewujudkan keluarga bersih dan sehat.

 

Dokter Lamsihar dari Obor Berkat Indonesia pada kesempatan itu menjelaskan bahwa PHBS berperan penting untuk melindungi kesehatan setiap anggota keluarga. Materi inti PHBS yang perlu diterapkan dalam rumah tangga, yaitu :

  1. Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan.
  2. Memberi ASI eksklusif.
  3. Menimbang balita setiap bulan.
  4. Menggunakan air bersih.
  5. Mencuci tangan dengan tepat menggunakan air dan sabun.
  6. Menggunakan jamban sehat.
  7. Memberantas jentik nyamuk seminggu sekali.
  8. Makan buah dan sayur setiap hari.
  9. Melakukan aktivitas fisik setiap hari.
  10. Tidak merokok terlebih ketika berada di dalam rumah.

 

Apa saja manfaat PHBS ?

  1. Setiap anggota keluarga menjadi sehat dan tidak mudah sakit.
  2. Anak tumbuh sehat dan cerdas.
  3. Anggota keluarga giat bekerja.
  4. Pengeluaran biaya rumah tangga dapat ditujukan untuk memenuhi gizi keluarga, pendidikan dan modal usaha untuk menambah pendapatan keluarga.

 

Yatni, salah satu peserta seminar PHBS mengaku sebelumnya tidak pernah mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan, sehingga pengetahuan seputar perilaku hidup sehat dalam keluarga tidak terlalu dianggap penting. Ia merasa setelah mengikuti seminar kali ini, pola pikirnya kemudian berubah dan terdorong untuk menerapkan PHBS di dalam rumah supaya menjauhkan anggota keluarga dari serangan penyakit.

 

“Menurut saya kegiatan ini bermanfaat. Sebelumnya tidak tahu kalau ternyata bak mandi harus dikuras seminggu sekali, biasanya kan saya kuras sebulan sekali. Cuci tangan juga tidak boleh sembarangan, ternyata ada tahap-tahapnya seperti yang tadi diajarkan, setiap bangun tidur juga kita paling tidak harus terkena cahaya matahari. Himbauan tadi juga perlu diajarkan juga untuk anak-anak. Apalagi anak-anak itu mudah terkena penyakit,” ungkapnya.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html