#2017untuk1000 : Bantuan Operasi Hernia di Sentul, Bogor

  • 2017-05-22
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 442
foto : obi

Masih terus melanjutkan gerakan #2017untuk1000, Obor Berkat Indonesia kembali memberikan bantuan operasi massal bagi 70 penderita hernia pada tanggal 20-21 Mei 2017 di RS Pertamedia, Sentul City, Bogor. Sejak Januari 2017 hingga saat ini, OBI bersama mitra telah membantu 289 penderita hernia dari golongan prasejahtera.

 

Hernia yang sering dikenal dengan istilah turun berok di tengah masyarakat ini merupakan penyakit dimana terjadi kesalahan letak usus yang turun sampai ke buah zakar untuk laki-laki dan ke kandung kemih untuk perempuan. Penyakit ini cukup mengganggu produktifitas seseorang dan masa tumbuh kembang anak yang menderita hernia, sebab terkuncinya usus dalam buah zakar/kandung kemih mengakibatkan matinya jaringan karena terhambatnya aliran darah.

 

Ima, nenek berusia 40 tahun asal Bogor menjadi salah satu penerima bantuan operasi bagi cucunya. Cucunya bernama Aziz Putra Maulana (4) telah mengalami hernia sejak usia 1 tahun. Sejak mengalami hernia, aktifitas Aziz menjadi terganggu, terutama saat bermain, benjolan itu selalu saja muncul. Karena benjolan itulah, Aziz sering mendapat ejekan dari teman-temannya. Aziz merasa malu dan ingin segera sembuh dari penyakitnya.

 

“Sebenarnya saya takut, nanti Aziz tidak bisa bekerja, tidak bisa sekolah. Seringnya kalau benjolan itu muncul, Aziz langsung menangis, badannya panas, kakinya pegal-pegal begitu katanya. Pernah coba alternatif tapi nggak ada hasilnya,” ungkap Ima.

 

Sama halnya dengan ibu Dede. Anaknya, Abdul Raffi (3) juga menjadi salah satu penerima bantuan operasi hernia yang sempat mencoba menjalani pengobatan alternatif namun tak membuahkan hasil. Ia mengaku tak memiliki uang untuk membiayai seluruh pengobatan di Rumah Sakit. Abdul mengalami hernia saat usianya menginjak 2 tahun.

 

“Sedih melihat anak saya. Kalau menangis benjolannya muncul. Saya takut jika sudah besar anak saya malu dan minder,” begitu ungkap ibu Dede singkat.

 

Bagi mereka, bantuan operasi gratis yang diberikan merupakan pertolongan yang sangat berarti. Harapan kesembuhan itu kini telah terwujud. Mereka tak lagi khawatir dengan ketakutan yang sempat terbayang karena penyakit hernia yang diderita.

 

Bantuan operasi hernia diberikan tanpa dipungut biaya apapun. Sepenuhnya gratis, termasuk biaya Rumah Sakit dan obat-obatan. Penanganan operasi juga ditangani oleh dokter spesialis yang telah ahli di bidangnya.

 

“Kegiatan ini sangat bagus dan sangat membantu masyarakat yang kurang mampu. Saya berterimakasih atas bantuannya, semoga ada lebih banyak lagi orang-orang yang bisa terbantu dengan adanya kegiatan semacam ini,” pungkas ibu Dede.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html