OBI Membuka Sekolah Dasar Berbasis Karakter di Fodo, Nias

Show English Version

  • 2017-07-06
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 431
foto : obi

Di Pulau Nias, pelayanan OBI di bidang pendidikan telah dirintis sejak 1 Mei 2013. Dukungan OBI bagi pendidikan di Pulau Nias diwujudkan melalui Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) OBI, Lembaga Pelatihan Komputer (LPK) OBI dan Kursus Bahasa Inggris OBI yang terletak di Desa Fodo, Pulau Nias.

 

PAUD OBI didirikan dengan fokus utama membangun pendidikan karakter yang baik bagi seluruh siswa dengan pengajar berkualitas yang memiliki hati terhadap anak-anak. OBI juga memberikan fasilitas guna mendukung perkembangan siswa dengan menyelenggarakan parents meeting, pemeriksaan kesehatan dan study tour secara gratis.

 

Tidak berhenti sampai disitu, OBI masih terus melanjutkan langkah mengembangkan pelayanan pendidikan yang berkualitas dengan membuka Sekolah Dasar Swasta (SDS) OBI di Desa Fodo dengan basis yang sama yaitu pendidikan karakter. Tercatat sebanyak 20 anak resmi mendaftar sebagai siswa di SDS OBI Fodo. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) akan dimulai pada 17 Juli 2017.

 

Berdasarkan UU No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, terdapat 31 hak anak, salah satunya adalah hak untuk mendapatkan akses pendidikan. Diharapkan anak-anak di Fodo dapat mengecap pendidikan dengan layak dan berkualitas sekaligus dapat mengurangi angka putus sekolah di Pulau Nias.

 

“Pembangunan SD Swasta OBI di Fodo ini merupakan kelanjutan akan pelayanan pendidikan OBI yang sekaligus juga merupakan permintaan para orang tua siswa supaya anak-anak mereka dapat terus mengenyam pendidikan di Obor Berkat Indonesia yang selama ini sangat menanamkan pendidikan karakter yang mungkin tidak diajarkan di sekolah lain,” ungkap Joni Arianto Nazara, Koordinator Pendidikan OBI Nias.

 

Ia juga mengungkapkan bahwa daya tampung sekolah lain telah mengalami kelebihan kapasitas sehingga banyak anak yang akhirnya harus bersekolah ke daerah perkotaan dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Kesulitan inilah yang kemudian menjadi dasar dibangunnya SDS OBI Fodo dengan melanjutkan visi misi dari PAUD OBI yaitu untuk lebih menggali potensi dari dalam diri siswa.

 

“Setiap anak memiliki potensi atau kelebihan yang jika diasah akan membuat dirinya berkembang menjadi seseorang yang berguna di tengah masyarakat, kendatipun potensi/kelebihan itu hanya satu saja. OBI akan terus membantu para siswa mengenali potensi dari dalam diri mereka supaya mereka mampu berbangga dengan potensi yang mereka miliki,” ungkap Joni Arianto Nazara.

 

Pendidikan sebagai salah satu pilar utama OBI tak hanya sebatas memberikan layanan pendidikan di bidang kecerdasan intelektualitas saja. OBI meyakini bahwa kecerdasan intelektual harus selalu diimbangi dengan karakter yang baik pada diri seseorang, sehingga ilmu yang dimilikinya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya tanpa merugikan orang lain.

 

Pelayanan pendidikan OBI menerapkan pendidikan karakter bagi setiap siswa sebagai upaya untuk mencegah siswa menjadi pribadi dengan perilaku yang menyimpang karena berbagai faktor seperti lingkungan, ekonomi, maupun keluarga. Melalui pendidikan karakter, akan terbentuk generasi bangsa yang bertanggung jawab, toleran, menghargai perbedaan, serta bijaksana dalam menyikapi beragam problematika sosial.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html