Pelatihan Dokter Kecil & Konselor Sebaya

  • 2017-07-12
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 66
foto : obi

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai positif pada anak. Salah satunya dengan memberikan pelatihan khusus, secara berkala dan continue. Karena itu, sejak penghujung tahun 2016, bermitra dengan Compassion Indonesia, Obor Berkat Indonesia menggelar Pelatihan Dokter Kecil dan Konselor Sebaya bagi anak-anak usia sekolah dasar dan remaja di Nias. Pelatihan Dokter Kecil difokuskan untuk anak-anak usia Sekolah Dasar dengan materi kesehatan, sementara Pelatihan Konselor Sebaya difokuskan untuk anak-anak remaja dengan materi love, dating, & sex.

 

“Pelatihan Dokter Kecil ini dilakukan untuk memberikan pengalaman tentang kesehatan dan mempersiapkan diri anak untuk menjadi trainer buat keluarga dan teman-temannya,” kata dr. Carla Riupassa, salah satu fasilitator Pelatihan Dokter Kecil dari Obor Berkat Indonesia.Masih minimnya informasi kesehatan, akses pelayanan kesehatan, dan tenaga kesehatan di Nias merupakan latar belakang digagasnya Program Dokter Kecil.Pelatihan Dokter Kecil memang bertujuan menolong anak untuk memiliki pengalaman kesehatan yang mendalam. Selain itu, Pelatihan Dokter Kecil juga bertujuan melatih kemampuan anak dalam menolong teman–temannya untuk memahami sertamempraktikkan nilai-nilaikesehatan, sehingga dapat terhindar dari penyakit.

 

Pada Pelatihan Konselor Sebaya, anak-anak remaja akan diberikan edukasi seks sejak dini yang dikemas sesuai usia mereka. Edukasi seks yang diberikan mencakup perihal anatomi kesehatan alat reproduksi pria dan wanita, serta pengertian pacaran yang sehat dan benar. Hal ini dianggap penting, karena pergaulan bebas yang semakin marak di Nias. Anak-anak perlu diperlengkapi agar dapat memahami love, dating, & sex dalam perspektif yang tepat. Sebagaimana Pelatihan Dokter Kecil, Pelatihan Konselor Sebaya pun bertujuan untuk melatih anak agar dapat menolong teman-temannya untuk memahami love, dating, & sex dengan cara pandang yang tepat.

 

Peserta dalam kegiatan Pelatihan Dokter Kecil dan Konselor Sebaya ini adalah perwakilan dari tiap sekolah yang masing-masing mengirimkan tiga orang anak. Anak-anak tersebut akan mendapatkan paket pelatihan selama dua tahun dengan materi pelatihan sebanyak delapan kali.Di akhir kegiatan, anak-anak peserta pelatihanjuga akan diwisuda sebagai bentuk apresiasi karena telah menyelesaikan masa pelatihannya sebagai dokter kecil dan konselor sebaya.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html