Kreasi Baru Jantung Pisang

  • 2017-07-12
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 186
foto : obi

Bagaimana jika jantung pisang dijadikan abon dan dendeng? Itulah yang coba diajarkan Obor Berkat Indonesia kepada para ibu di Desa Siwalabanua, Nias Selatan, dalam program pemberdayaan masyarakat OBI yang disebut Teknologi Tepat Guna (TTG). Setelah sebelumnya belajar bagaimana cara mengolah buah pisang menjadi keripik berbagai rasa, kini bersama OBI para ibu di Desa Siwalabanua belajar mengolah jantung pisang dengan lebih kreatif. Kelas memasak abon dan dendeng jantung pisang ini menjadi kreasi baru bagi mereka, yang memanfaatkan bagian lain dari tanaman pisang, yang sangat subur dan banyak tumbuh di Pulau Nias.

 

Jantung pisang memiliki sederet manfaat, khususnya untuk mencegah kolesterol dan baik bagi penderita diabetes. Namun, sangat sedikit yang mengonsumsi jantung pisang di Desa Siwalabanua. Setelah proses penjajakan dan pendekatan dengan masyarakat setempat, OBI menemukan bahwa ada satu mitos lokal yang mempengaruhi masyarakat Desa Siwalabanua sehingga tidak berani mengkonsumsi jantung pisang. Kebanyakan dari masyarakat setempat percaya bahwa memakan jantung pisang dapat membuat jantung mereka celaka. Itu mengapa mereka lebih memilih untuk menjual jantung pisang seharga Rp 1.000/buah ke luar desa, menjadikannya makanan ternak, atau malah membuangnya.

 

“Mereka tidak tahu kalau itu bergizi, jadi kita beritahu mereka,” kata Joni Arianto Nazara, selaku Koordinator Pemberdayaan Masyarakat di OBI Nias. Karena itu, OBI pun bermitra dengan Puskesmas Somambawa untuk memberikan sosialisasi seputar jantung pisang dan manfaatnya bagi kesehatan. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat setempat tentang jantung pisang yang aman dikonsumsi dan justru adalah salah satu sumber makanan bergizi yang berlimpah di daerah mereka.

 

Respon ibu-ibu di Desa Siwalabanua menjadi sangat positif setelah proses sosialisasi dan beberapa kali pelatihan. Mereka akhirnya mengerti jantung pisang sangat baik bagi kesehatan. Sekarang, mereka tahu bahwa jantung pisang pun bisa diolah menjadi abon dan dendeng. Dengan diolah menjadi abon dan dendeng, nilai jual jantung pisang menjadi lebih tinggi. Ibu-ibu di Desa Siwalabanua mulai berpikir untuk menjadikannya usaha. Obor Berkat Indonesia berharap, kreasi baru jantung pisang ini pada waktunya benar-benar dapat menolong perekonomian masyarakat di Desa Siwalabanua.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html