Perhatikan Bekal Makanan Sekolah Si Kecil di Sekolah

  • 2017-07-25
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 167
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Roti_Wrap_Trafasie.jpg

Usai liburan, orang tua akan kembali disibukkan dengan berbagai keperluan anak untuk kembali bersekolah. Mulai dari persiapan buku-buku sekolah hingga bekal sekolah anak. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) saat ini masih terus digencarkan bagi setiap orang tua dan anak supaya semakin menyadari akan ancaman bahaya kesehatan jika tidak memperhatikan faktor-faktor kebersihan.

 

Salah satu indikator PHBS di Sekolah bagi anak-anak adalah ketika memilih jajanan atau makanan. Demi mewujudkan tubuh sehat dan otak yang cerdas, anak perlu mendapatkan konsumsi makanan yang bersih dan sehat. Sayangnya, orang tua sering kali tidak mengetahui secara rinci proses pembuatan dan bahan-bahan dari jajanan yang dibeli anak di sekolah, sehingga nilai gizi dan kebersihan dalam jajanan tersebut tidak dapat terjamin dengan baik.

 

Beberapa jajanan yang sering dijual di sekolah antara lain mie gulung sosis, martabak mini, cilok, sate gulung telur, leker atau pizza keju. Para orang tua juga bebas memilih bahan makanan bervariasi yang bergizi seperti daging, susu, coklat, keju dan sayur supaya lebih sehat dan lebih lezat. Dengan begitu anak-anak dapat terhindar dari berbagai bahan kimia seperti pewarna makanan kimia, pemanis buatan, pengawet atau penguat rasa buatan.

 

Solusi terbaik bagi orang tua untuk menghindarkan anak dari jajanan yang tidak tepat yaitu dengan membawa bekal makanan yang dimasak di rumah untuk dikonsumsi di sekolah. Orang tua juga dapat memasak jenis masakan yang sama seperti makanan yang dijual di sekolah untuk menghindarkan anak dari rasa bosan terhadap bekal makanan yang dibawanya.

 

Perlu diperhatikan juga bahwa orang tua juga perlu mengajari anak untuk mencuci tangan dengan tepat sebelum dan sesudah makan. Mencuci tangan yang tepat perlu diajarkan untuk menghindarkan anak terserang bakteri dan virus yang kemungkinan masuk ke dalam tubuh melalui mulut.

 

Terdapat 7 langkah mencuci tangan yang tepat dan bersih, yaitu :

  1. Basahi telapak tangan setinggi pertengahan lengan dengan air mengalir dan ambil sabun untuk digosokkan pada telapak tangan.
  2. Usap punggung tangan secara bergantian.
  3. Gosok jari-jari tangan dan sela-sela jari.
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan.
  5. Gosok dan putar ibu jari secara bergantian.
  6. Letakan ujung jari di telapak tangan dan memutarnya dengan perlahan.
  7. Bersihkan pergelangan tangan secara memutar dan bilas keseluruhan tangan dengan air mengalir. Terakhir keringkan dengan tisu/handuk.

 

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html