18 Tahun Obor Berkat Indonesia, 18 Tahun Kita Senang Menolong Orang Lain

  • 2017-08-11
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 218
foto : obi

Delapan belas tahun lalu, pada 11 Agustus 1999, Obor Berkat Indonesia berdiri. Diinisiasi oleh Ibu Non Rawung sebagai Ketua Yayasan, Obor Berkat Indonesia berkarya bagi masyarakat prasejahtera yang membutuhkan di Indonesia. Dengan segala upaya, dalam berbagai bidang, Obor Berkat Indonesia bertujuan untuk dapat menolong meringankan beban kaum prasejahtera.

 

Dalam perjalanan 18 tahun ini, semakin banyak orang yang ditolong dan semakin luas jangkauan Obor Berkat Indonesia. Dalam perjalanan 18 tahun ini, semakin banyak pula program yang lahir untuk menjawab kebutuhan masyarakat prasejahtera dan untuk membantu mengatasi masalah kemiskinan, baik di kota maupun di desa. Selama 18 tahun ini, pencapaian pelayanan Obor Berkat Indonesia yang terpusat dalam empat pilar pelayanan, terhitung sebagai berikut :

  1. tanggap bencana
  2. pendidikan
  3. kesehatan
  4. pemberdayaan masyarakat

 

Program-program baru pun semakin banyak yang lahir mengisi kebutuhan, khususnya di tahun 2016 lalu. Tahun lalu, Obor Berkat Indonesia memulai perluasan pelayanan sosial-kemanusiaannya untuk menolong pemberdayaan warga rusun di Jakarta. Dalam pilar pendidikan, Obor Berkat Indonesia membuka kelas pendidikan kesetaraan bagi para petugas kebersihan DKI Jakarta (pasukan oranye) dan program KFT (Keeping Family Together) yang memfokuskan diri pada pelayanan keluarga anak-anak yang tidak memiliki orang tua lengkap (yatim/piatu). Dalam pilar tanggap bencana, Obor Berkat Indonesia mulai berkonsentrasi pada upaya pendidikan bencana. Obor Berkat Indonesia merintis program semi-workshop tanggap bencana dan P3K bersama Compassion Indonesia, serta menginisiasi program pendidikan bencana melalui pendekatan budaya (Tari Maena) di Pulau Nias bersama JICA & Wako University.

 

Segala hal yang telah dikerjakan dan dicapai Obor Berkat Indonesia tak lepas dari dukungan berbagai pihak. Obor Berkat Indonesia tak mungkin bertahan sampai saat ini tanpa kasih karunia yang datang melalui para Mitra OBI, baik personal maupun korporasi. Peran para relawan yang siap pergi bagi OBI juga sangat berarti. Kebertahanan dan keberlangsungan pelayanan sosial-kemanusiaan OBI memang adalah hasil dukungan dari berbagai pihak yang meskipun tak dapat disebut satu-persatu disini, sungguh sangat kami syukuri.

 

Dengan motto “saya senang menolong orang lain”, Obor Berkat Indonesia tetap akan melanjutkan pelayanan sosial-kemanusiaan di Indonesia. 18 tahun perjalanan telah terjalani sejauh ini dan kita belum berhenti. Ya, 18 tahun Obor Berkat Indonesia, 18 tahun kita senang menolong orang lain.

 

-          Belum menjadi Mitra OBI dan ingin mendukung pelayanan sosial-kemanusiaan OBI? Kami mengundang Anda untuk bergabung menjadi Mitra OBI.

-          Sudah menjadi Mitra OBI? Berikut Anda dapat mengunduh Annual Report OBI 2016 untuk mengetahui laporan pelayanan sosial-kemanusiaan OBI yang terbaru, selengkapnya.

-          Anda juga bisa mendukung pelayanan sosial-kemanusiaan OBI dengan like / follow / subscribe akun-akun media sosial OBI sebagai berikut. Facebook Fanpage (Yayasan Obor Berkat Indonesia), Twitter (@OBIndonesia), Instagram (@oborberkatindonesia), dan YouTube Channel (OBIndonesia Channel).

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html