Kreasi Batik Siswa Rumah Seni OBI Dipamerkan Dalam Gebyar Jakarta Merah Putih

  • 2017-08-25
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 280
foto : obi

19 Agustus 2017, Rumah Seni Obor Berkat Indonesia berkesempatan untuk menampilkan hasil karya siswa-siswi binaan dalam Pameran Produk Pemberdayaan Masyarakat bertajuk Gebyar Jakarta Merah Putuh di Balai Kota Provinsi DKI Jakarta. Karya batik dan sablon yang dipamerkan merupakan hasil kreasi kreatif menjadi berbagai bentuk kerajinan seperti anting, gelang, kalung, sarung bantal, kaos dan lain-lain.

 

Mengapa batik?

 

Batik merupakan kain bergambar yang proses pembuatannya secara khusus menggunakan malam untuk menggambar motif-motif unik, kemudian pengolahan selanjutnya diproses dengan pewarnaan. Batik Indonesia juga telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi sejak 2 Oktober 2009.

 

Warisan seni budaya yang dimiliki Indonesia tentu tidak boleh disia-siakan begitu saja. Generasi Indonesia perlu memahami bagaimana setiap individu dapat memanfaatkan dengan baik kesempatan dan aset budaya Indonesia dengan tujuan untuk melestarikannya.

 

Rumah Seni OBI membina anak-anak prasejahtera untuk bisa berkreasi menciptakan batik dengan motif-motif baru. Motif dan corak batik dibuat dengan kreativitas yang dimiliki setiap anak sekaligus menyalurkan bakat menggambar di atas kain menggunakan lilin malam.

 

Dalam setiap pameran, para pengunjung berkesempatan untuk mengamati hasil kreasi produk batik serta mengenal berbagai kegiatan seni yang dilakukan siswa-siswi binaan Rumah Seni OBI. Seluruh hasil penjualan produk batik yang dibeli oleh para pengunjung akan digunakan untuk mendukung pelayanan pendidikan bagi anak-anak prasejahtera yang dibina oleh Rumah Seni OBI.

 

“Pameran ini ternyata memberi inspirasi. Inspirasi bagi setiap warga rusun untuk setiap program pemberdayaan masyarakat di dalamnya. Para pengunjung juga terlihat menikmati hasil pameran batik yang ada di stand kami. Semoga kedepannya hasil karya batik juga bisa memberi inspirasi untuk lebih banyak orang,” ungkap koordinator pendidikan OBI, Esther Lingga.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html