Berikan Pelatihan dan Penyuluhan Sejak Dini, OBI Ikut Menyelamatkan Generasi Bangsa Indonesia

  • 2017-09-28
  • Author : Alekcander Sigalingging
  • Views : 156
foto : obi/alex

Usia anak sekolah dapat dikatakan sebagai masa keemasan untuk menanamkan sebuah nilai-nilai. Pada masa sekolah, anak-anak akan sangat mudah untuk mengingat dan meniru setiap gerakan yang mereka lihat dan rasakan. Jika hal tersebut tidak dikelola dengan baik, maka perilaku penyimpangan terhadap anak-anak akan terjadi. Dengan begitu, masa depan generasi bangsa yang tumbuh dari anak-anak masa kini akan terancam oleh adanya tindakan penyimpangan tersebut.

 

Untuk mengatasi meningkatnya perilaku penyimpangan tersebut, Obor Berkat Indonesia (OBI) menggandeng mitra-mitranya mengadakan berbagai pelatihan dan penyuluhan yang berkaitan dengan anak-anak. OBI bersama mitra-mitranya berkomitmen mengunjungi sekolah-sekolah di beberapa kota untuk memberikan ‘bekal’ untuk anak-anak melalui kegiatan penyuluhan dan pelatihan.

 

Adapun materi kegiatan pelatihan dan penyuluhan yang sudah dilakukan di sekolah-sekolah oleh OBI bersama mitranya adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Kesehatan Lingkungan, Bahaya Rokok, Bahaya Narkoba, Pornografi, Bullying, dan Tanggap Bencana. Kegiatan ini berlangsung secara berkesinambungan hingga anak-anak menjadi sangat mengerti dengan materi yang diberikan.

 

Selain itu, dalam setiap kegiatan pelatihan dan penyuluhan tersebut anak-anak juga diajak untuk praktik dan bermain seputar materi yang diberikan. Di setiap akhir kegiatan yang dilakukan selalu diberikan hadiah untuk anak yang berprestasi.

 

Dengan adanya kegiatan pelatihan dan penyuluhan di sekolah-sekolah, nilai-nilai yang terkandung dalam materi yang disampaikan akan menjadi ‘bekal’ untuk anak-anak dalam bertumbuh dan berkembang. Dengan begitu, anak-anak akan siap menjadi generasi penerus bangsa Indonesia.

 

TESTIMONY Kegiatan Penyuluhan

 

  1. Istriyasi Ubaya, sebagai Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al-Muttaqin. (penyuluhan kesehatan gigi)

“Saya sangat bangga dengan kegiatan penyuluhan kesehatan gigi seperti ini. Karena anak-anak menjadi tahu tentang memelihara gigi, cara menyikat gigi dengan baik, dan mengenal makanan yang perlu dikonsumsi untuk kesehatan gigi.”

  1. Syla Azhara Putri, Siswi kelas 3 SD Bina Pusaka (Penyuluhan Bahaya Rokok)

“Di rumah papa dan mama merokok. Aku kasih lihat gambar ini (Aku Keren Tanpa Rokok) dan sekarang papa dan mama sudah tidak merokok lagi di rumah.”

  1. Farrel Subandi, Kelas 4 SD (PHBS)

“Jadi tahu tentang makanan bergizi. Mulai sekarang saya akan selalu makan makanan yang mengandung gizi. Saya menggambar buah dan makanan kesukaan saya. Hasilnya, gambar saya disukai kak Billy dan diberikan hadiah.”

  1. Ratna Ningsih, Guru Agama SMK Karismawita 2, Tanjung Barat (penyuluhan Narkoba)

“Saya merasa yakin dengan adanya kegiatan penyuluhan seperti ini penyalahgunaan narkoba di negara ini akan semakin berkurang, bahkan bisa hilang peredaraannya. Materi-materi yang disampaikan oleh para pembicara sangat bagus sekali.”

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html