Banyak Pengungsi Jatuh Sakit, OBI Berikan Bantuan Kesehatan dan Obat-obatan

  • 2017-09-28
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 126
foto : obi

"Kedatangan Tim OBI sangat membantu dikarenakan selain pemeriksaan, Tim OBI juga membawa obat-obat yang diperlukan karena mulai banyak pengungsi yang jatuh sakit," ungkap Gede Eka Wirantoyo, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Advokasi Kemanusiaan dari Yayasan Maha Bhoga Marga (mitra OBI)

 

Selama tiga hari (25-27/9/2017) OBI terjun menuju beberapa titik lokasi pengungsian yang berada di Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar (Desa Saba & Desa Buruan), Kecamatan Gianya (Desa Bosa), dan Kabupaten Bangli (Desa Pengotan). Para pengungsi tersebar di rumah-rumah penduduk dengan total penerima bantuan sebanyak 276 orang.

 

Para pengungsi di Desa Pengotan berasal dari tiga dusun di antaranya Banjar Pamutran, Banjar Pule dan Banjar Ngadang yang berada di zona merah bencana. Jarak antara desa tersebut dari Gunung Agung hanya berjarak kurang dari 7-6 km.

 

Salah satu pengungsi bernama Wayan dari Desa Pamutran, Bangli mengaku datang mengungsi bersama istri, 2 orang anak dan ibunya yang kini telah berusia 100 tahun. Mereka memutuskan untuk mengungsi pada malam hari sekitar pukul 20.00 WITA dengan sepeda motor setelah gempa dirasakan pada sabtu (23/09/2017). Melalui penuturannya, Wayan merasa sangat terbantu setelah untuk pertama kalinya menerima bantuan medis dari OBI.

 

Lain halnya dengan Bapak Jero Mangku Jiwo. Bapak Jero berasal dari Desa Besakih dan sehari-hari bertugas di Pura Besakih. Ia mengungsi bersama istrinya ke tempat yang lebih aman di Desa Bosa, Gianyar. Akibat jauhnya perjalanan menuju tempat mengungsian membuat isterinya jatuh sakit karena kelelahan. Setelah mendapatkan pemeriksaan kesehatan, Bapak Jero dan isterinya merasa sangat bersyukur, khususnya obat-obatan yang diberikan dapat membuat isterinya pulih dan bertahan di tempat pengungsian dengan sehat.

 

Diperkirakan jumlah pengungsi akan terus bertambah dan masih ada ribuan pengungsi lain yang membutuhkan bantuan. Bantuan dan dukungan Anda untuk membantu para korban erupsi Gunung Agung akan sangat berarti bagi para pengungsi. Donasi dapat disalurkan melalui BCA Cabang Lippo Cikarang 522-030-9225 a.n. Yayasan Obor Berkat Indonesia. Untuk konfirmasi donasi atau informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kantor OBI di nomor telepon 021 – 8990 5940 (di jam kerja, 09:00-17:00 WIB) dengan Precy Laoh atau Linda Sumampouw, atau via Whatsapp di nomor 0818 900 043.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html