Terima Kasih Atas Kepedulian Anda Bagi Pengungsi Gunung Agung Bali

  • 2017-10-04
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 191
foto : obi/rinda

Merespon dampak bencana erupsi Gunung Agung di Bali, Tim Disaster Response Obor Berkat Indonesia berangkat menuju pos pengungsian di Bali untuk menolong para korban bencana dengan dukungan para Donatur dan Mitra OBI. Dimulai pada 25 September hingga 1 Oktober 2017, OBI bergerak menuju Bali untuk memberikan pelayanan medis dan bantuan logistik bagi para pengungsi.

 

Dalam Detik.com (02/10/2017, 11:08 WIB), total pengungsi Gunung Agung mencapai 141.509 dan tersebar di 425 titik di 9 kabupaten di Bali. Ribuan orang di antaranya mengalami gangguan kesehatan, khususnya pengungsi anak-anak, ibu hamil, hingga lansia. Gangguan kesehatan yang rata-rata mereka alami yaitu hipertensi, ISPA, hingga alergi kulit, bahkan beberapa di antaranya terpaksa harus dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif.

 

Pelayanan medis diberikan dengan berfokus pada tempat-tempat yang belum terjangkau bantuan medis. Dokter umum, perawat dan tenaga farmasi diterjunkan ke berbagai titik pengungsian untuk melakukan pemeriksaan kesehatan umum dan pemberian obat-obatan secara gratis. Sementara itu, Tim Disaster Response OBI juga memberikan assessment yang berperan untuk memeriksa kondisi pasien, apakah perlu dirujuk ke rumah sakit atau diobati di tempat. Melalui bantuan pelayanan medis ini, tercatat sebanyak 1.290 orang pasien telah dilayani.

 

Bantuan logistik juga diberikan bagi para pengungsi untuk memperlengkapi kebutuhan sehari-hari selama berada di pos pengungsian. Bantuan logistik yang diberikan antara lain pakaian, selimut, kasur dan masker khusus. Di samping itu, anak-anak mendapatkan bantuan mainan anak supaya mereka terhibur dan tidak mudah stres saat bertahan di pos pengungsian.

 

Sekecil apapun bantuan yang kita berikan, bantuan itu telah menjadi tanda kepedulian kita bersama bagi para pengungsi yang membutuhkan. Terima kasih untuk setiap Donatur dan Mitra OBI yang telah ikut mendukung pelayanan tanggap bencana bagi para pengungsi Gunung Agung, Bali.

 

 

"The purpose of human life is to serve, and to show compassion and the will to help others."

(Albert Schweitzer)

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html