Integrasi Pendidikan Bencana Sukses Dimulai di Gunungsitoli Nias

  • 2017-11-09
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 95
foto : obi

Workshop Tim Penyusun Bahan Ajar Muatan Lokal Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli sudah digelar di akhir bulan ini (31/10/2017). Workshop ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli Nias, Bapak Yardius Gea, S.Ip. Ada dua narasumber dalam workshop ini, yaitu: Silverince Gulo, S.Ap dari Tim OBI – JICA dan Meirisman Halawa, S.Pd, sebagai perwakilan utusan Dinas Pendidikan.

 

Workshop ini merupakan hasil dari kegiatan program Tari Maena Siaga Bencana kemitraan OBI, JICA, dan Universitas Wako Jepang, untuk Periode I di Gunungsitoli Nias setahun lalu. Dalam workshop ini, Tim Penyusun Bahan Ajar Muatan Lokal Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli akan memulai langkah pengintegrasian pendidikan siaga bencana ke dalam bahan ajar muatan lokal Bahasa Nias (dengan disesuaikan pada Kurikulum K13) dengan Tim Editor.          

 

Workshop ini merupakan sebuah awal komitmen pengintegrasian, yang akan dilanjutkan dengan kegiatan internal Dinas Pendidikan. Kegiatan internal Dinas Pendidikan kemudian akan menghasilkan silabus dan akan diproposalkan ke Kementerian Pendidkan untuk melahirkan bahan ajar.

 

Dengan ini, salah satu tujuan program Tari Maena Siaga Bencana kemitraan OBI, JICA, dan Universitas Wako Jepang pun telah tercapai di Gunungsitoli, Nias. Selanjutnya, di tahun 2017-2018, akan dilanjutkan program Tari Maena Siaga Bencana untuk Periode II di wilayah Kabupaten Nias Selatan. OBI berharap pengintegrasian pendidikan siaga bencana ke dalam bahan ajar muatan lokal ini akan menjadi salah satu cara yang efektif untuk memperlengkapi dan mengajari anak-anak di Nias untuk siap menghadapi bencana.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html