Mengubah Hidup Para Penderita Hernia

  • 2017-11-13
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 32
foto : obi

Menolong penderita hernia dari golongan prasejahtera di Indonesia masih belum berhenti. Yayasan Obor Berkat Indonesia bersama CBN International pada kesempatan ini bekerjasama untuk memberikan bantuan operasi gratis bagi 53 penderita hernia yang berasal dari Cianjur, Jawa Barat. Operasi dilaksanakan di Rumah Sakit Omni Cikarang pada 4 hingga 5 November 2017.

 

Para penderita hernia rata-rata bekerja sebagai buruh tani dan bangunan di Cianjur dengan pendapatan harian yang tidak menentu. Kebutuhan hidup sehari-hari memaksa mereka untuk terus bekerja, sedangkan akses kesehatan seolah dikesampingkan karena ketakutan akan biaya kesehatan.

 

Hernia seringkali diakibatkan oleh tuntutan pekerjaan penderitanya karena sering melakukan angkat beban yang cukup berat dalam kurun waktu yang cukup lama. Sama halnya dengan pekerja buruh tani disawah yang dituntut untuk mengangkat hasil panen setiap hari. Dengan upah yang tidak menentu dan resiko gagal panen, para buruh tani juga bekerja dengan resiko gangguan kesehatan yang cukup tinggi.

 

Salah satu pasien hernia bernama Pak Jajang (40) sehari-hari bekerja sebagai buruh. Melalui penghasilannya yang tidak menentu, ia harus menghidupi istri dan 4 orang anaknya. Penyakit hernia yang ia derita diakui sangat mengganggu pekerjaannya sehari-hari, terutama ketika ia memikul kayu dan mengangkat berkarung-karung hasil panen. Tak memiliki biaya untuk operasi hernia, pak Jajang lebih memilih pasrah dan menunggu bantuan dari pemerintah.

 

“Saat kumat rasanya panas, perih dan sesak nafas, kalau kerja jadi mengganggu dan terpaksa tidak melanjutkan kerja karena kumat. Operasi ini saya tahu dari pak Odong jadi saya berangkat. Kalau tidak ada bantuan ini tidak mungkin operasi karena tidak ada modal. Pernah diurut, berobat alternatif tapi tidak ada perubahan, tidak sembuh-sembuh,” ungkapnya.

 

Mendapat bantuan operasi secara gratis, pak Jajang merasa sangat bersyukur. Pak Jajang dan 52 pasien lainnya mendapat pelayanan kesehatan terbaik; transportasi, penginapan, konsumsi hingga proses operasi pasien di rumah sakit diberikan tanpa dipungut biaya apapun.

 

“Terimakasih sudah memberi kesembuhan untuk bapak dari hernia,” tutupnya.

 

Tujuh tahun Jajang mengalami hernia, kini ia berhasil terbebas dari penyakit itu berkat bantuan yang telah diberikan. Kini Jajang bisa kembali bekerja dengan baik tanpa beban penyakit apapun. Hidupnya bisa semakin produktif untuk bekerja dan menghidupi keluarganya.

 

Tidak berhenti sampai disini, OBI bersama mitra masih akan terus membantu masyarakat prasejahtera yang menderita hernia supaya sembuh dari penyakitnya. Operasi yang diberikan sepenuhnya gratis, termasuk biaya rumah sakit dan obat-obatan. Operasi juga ditangani oleh para dokter spesialis relawan OBI berhati tulus yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html