5 Tahun Menderita Hernia, Pak Basuni Kini Sembuh

  • 2017-11-13
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 47
foto : obi

Pak Basuni (47) harus menunggu selama 5 tahun untuk bisa sembuh dari penyakit hernia yang ia derita. Sebelumnya ia terpaksa harus menahan sakit setiap hari ketika ia bekerja menjadi buruh tani di sawah orang lain. Ia mengikat perutnya dengan pengikat stagen supaya benjolan itu tidak muncul ketika ia mengangkat beban berat hasil panen pertanian.

 

Setiap mengangkat beban dan memikul kayu, hernia yang ia derita selalu saja kambuh. Rasanya perih dan membuatnya sesak nafas, sehingga ia selalu saja terpaksa menahan rasa sakit itu bahkan tak jarang juga ia jatuh pingsan di sawah saat ia sedang bekerja.

 

“Saya sering terpaksa tidak kerja karena kumat, istri sempat pengen membantu tapi saya bilang tidak apa-apa. Menjelang 5 tahun saya menahan beban sakit dan tanggung jawab. Saya pernah pingsan saat di sawah karena saking menahan sakit. Satu bulan saya sakit dan tidak bekerja sehingga semua dibantu istri bagaimana caranya supaya bisa makan,” kata pak Basuni mengungkapkan kesedihannya pada sesi wawancara di Guesthouse OBI, Lippo Cikarang pada 3 November 2017.

 

Pak Basuni memiliki tanggungan istri dan 3 anak yang saat ini bersekolah di tingkat menengah kejuruan. Pekerjaan sebagai buruh tani hanya menghasilkan sedikit pendapatan yang akan sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Acap kali ia juga khawatir dengan masa depan anak-anaknya karena keadaan ekonomi yang jauh dari cukup, maka ia terpaksa terus bekerja dan tidak mempedulikan kondisi kesehatan terlebih penyakit hernia yang sudah seharusnya dioperasi.

 

Ia sangat bersyukur setelah bertemu dengan Obor Berkat Indonesia melalui kader pak Odong. Sudah lama ia menunggu giliran untuk mendapatkan bantuan operasi ini sejak bertahun-tahun yang lalu. Melihat tetangganya telah banyak tertolong dan terbebas dari hernia, ia semakin yakin bahwa harapannya untuk sembuh akan segera terwujud.

 

Bapak Basuni akhirnya berhasil dioperasi bersama 52 pasien hernia lainnya bertempat di RS Omni Cikarang pada 4 November 2017. Ia datang bersama rombongan pasien hernia yang berasal dari Cianjur, para penderita hernia golongan prasejahtera yang memiliki kondisi ekonomi yang kurang lebih sama seperti pak Basuni.

 

Ia mengaku merasa sangat tertolong dengan bantuan ini, bahkan tanpa bantuan yang diberikan maka mustahil ia mampu melakukan operasi hernia secara mandiri di rumah sakit. Kini ia telah sembuh dari hernia dan bisa kembali bekerja tanpa merasakan keluhan yang pernah ia derita.

 

“Ternyata tetangga saya sudah banyak yang sembuh. Maka saya setiap bulan tanya terus kapan ada program ini, saya tanya terus dan sekarang saya bisa berangkat sekarang alhamdullilah. Saya mau mengucapkan terimakasih untuk OBI-CBN karena telah membantu orang yang tidak mampu,”tutupnya.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html