DUSUN CUPEK - LOMBOK UTARA

  • 2018-08-20
  • Author : Admin
  • Views : 183
DUSUN CUPEK - LOMBOK UTARA

DUSUN CUPEK LOMBOK UTARA

Rabu, 15 Agustus 2018 tim OBI bergerak ke Desa Sigar Penjalin yang terletak di kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara, tepatnya di dusun Cupek.

Sesampainya di tempat pengungsian terlihat puluhan tenda pengungsi yang didominasi oleh tenda- tenda berukuran besar. Para pengungsi tersebut berasal dari 5 dusun yang ada disekitar dusun Cupek.

Tim segera berkoordinasi dengan penduduk setempat dan beberapa tim kesehatan yang sudah ada disana. Setelah berkoordinasi tim OBI akhirnya bisa melakukan pengobatan kepada para pengungsi bersama tim dari PSI TNI, HIMPSI, KCI dan Universitas Hasanuddin.

Keadaan disana sebagian besar sama dengan tempat-tempat di pengungsian lainnya, masalah air bersih, sanitasi dan juga logistik. Tetapi karena besarnya area pengungsian, terlihat di beberapa titik pengungsi mendirikan MCK darurat yang justru semakin memperburuk sanitasi disekitar tenda, ditambah lagi kotoran dari ternak yang bisa ditemukan di area penampungan itu dan banyaknya debu membuat keadaan penampungan itu jauh dari kata layak terutama bagi anak-anak.

Masalah Kesehatan benar-benar menjadi perhatian tim medis OBI, ditempat pengungsian itu tim dokter OBI bersama Tim dokter lainnya bahkan terjun mendatangi tenda-tenda pengungsi karena ada beberapa lansia yang tidak kuat jalan, bahkan disana terdapat setidaknya 4 warga yang mengalami patah tulang dikaki karena tertimpa reruntuhan rumah mereka dan semuanya adalah wanita. Mungkin karena pada saat gempa terjadi belum adanya tim medis yang datang mereka akhirnya mendapatkan pengobatan dari tukang urut tulang, sehingga mereka tidak mendapatkan perawatan yang baik.

Tim segera mendatangi warga yang mengalami patah tulang ke setiap tenda mereka. Dan setelah melihat kondisi mereka tim memutuskan untuk membawa mereka ke RSUD Tanjung agar mendapatkan penanganan dan perawatan yang lebih baik lagi. Tapi sayangnya mereka tidak mau dengan alasan mereka lebih baik ditenda pengungsi saja sambil melihat perkembangan yang ada.

Keberadan para tim medis di tempat pengungsian dusun Cupek itu menjadi kekuatan yang dasyat bahwa dengan bahu-membahu saling bersinergi antar tim, segala sesuatu dapat dilakukan dengan maksimal, agar setiap para pengungsi mendapatkan perawatan dan pengobatan yang terbaik.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.obi.or.id/patner/donation.html